Nyundul bokong

Di (awal-awal) bulan Ramadhan ini, masjid-masjid jadi rame dikunjungi jamaahnya. Terutama pas tarawih malem pertama, jamaah masjid membludak bahkan lebih rame daripada pas jumatan. Supaya jamaah bisa tertampung, jarak antar makmum dan sebelahnya jadi lebih rapet waktu sholat. Ini bagus,sesuai dengan tuntunan sholat berjamaah yaitu shaf yang lurus & rapat.

Supaya shaf lurus & rapat, lantai masjid biasanya dilapisi karpet atau sajadah yang ada garis shaf-nya. Ada juga yang desain lantainya sendiri udah ada garis shafnya. Nah masalahnya..di mayoritas masjid di Indonesia jarak antar garis shaf ini terlalu rapat,sekitar 1 meter. Akibatnya pas bangun dari sujud & berdiri, kepalaku kadang nyundul bokong jamaah di depanku. Apalagi kalau jamaah di depanku berdirinya di belakang garis shaf (mungkin dia juga pengen menghindari nyundul bokong jamaah di depannya), aku harus nunggu dia untuk berdiri dulu baru aku nyusul berdiri. Parahnya lagi kalau dia pake sarung, aku harus mastiin bener-bener kalo dia udah berdiri, kalo engga bisa-bisa kepalaku masuk di balik sarung dia.

Menurutku ada beberapa kategori pengaturan shaf di masjid yang baik:
1. Jarak antar shaf minimal 120cm, biar nyaman waktu sujud
2. Lebar sajadah jangan sampe membuat seorang jamaah dengan jamaah di sebelahnya ga rapet,50cm udah cukup.
3. Jangan dikasih corak-corak yang malah bikin sholat gak khusuk.

Tapi kalo denger cerita jamaah haji, sholat di masjidil haram juga desek-desekan. Seringkali jarak antar shaf terlalu rapet. Pada akhirnya memang kekhusukan sholat tergantung hati kita, ga hanya karena jarak antar shaf yang baik. Wallahua’lam

2 responses to “Nyundul bokong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s