Mabok Gadung

Hari pertama lebaran di pacitan kami dikunjungi sodara-sodara. Maklum eyang adalah generasi yang paling sepuh. Para pakde, bude, om dan tante berdatangan. Setelah itu gantian kami yang mengunjungi rumah-rumah mereka. Kalo tadi mereka dateng ke rumah karena datengin eyang, sekarang kami yang datengin para pakde & bude. Agak aneh juga sih, kan udah ketemuan di rumah eyang. Tapi ga papa lah, itung-itung ngicip kue-kue lebaran🙂

Kami nyampe di rumah pakde yang pertama sekitar jam 11. Kami langsung disuguhi berbagai macem keripik, ada gadung, tales, pisang & singkong. Trus masih ada juga berbagai makanan manis kaya tape & dodol. Minumnya ada fanta & teh manis kemasan. Langsung deh kami lahap dengan semangat tuh makanan. Aku makan semua keripik itu dan minum fanta. Paling banyak yang aku makan adalah kripik gadung soalnya jarang-jarang nih keripik. Apalagi ini homemade so aku pikir pasti lebih sehat karena ga ada pengawetnya. Sekitar setengah jam kami di sana, trus kami ngelanjutin ke rumah pakde yang kedua yang rumahnya ga jauh dari situ.

Di rumah pakde kedua kami juga disuguhi gadung yang katanya lebih enak dari bikinan pakde pertama, aku sih ga ngicip. Aku lebih tertarik ama kacang metenya. Bude selain seorang bidan juga jadi agen herbalife, produk kesehatan dari amerika. Kami banyak nanya beliau tentang kesehatan & produk herbalnya juga. Afny sempet minum teh herbalnya setengah gelas. Eh sekitar 10 menit kemudian tiba-tiba Afny ngerasa mual & pergi ke kamar mandi. Ternyata Afny muntah. Wah kenapa ini. Kata bude sih itu efek karena abis minum teh herbalnya yang ngeluarin racun. Abis itu Afny masih muntah lagi & banyak. Afny ngerasa lemes banget & akhirnya tiduran di ruang prakteknya bude. Afny masih muntah lagi 2 kali. Pas nungguin Afny, aku juga tiba-tiba ngerasa puyeng, mual & mules. Ah mungkin cuma terbawa suasana pikirku, kan aku ga minum teh herbalnya. Tapi kok tambah ga enak badanku. Ga tahan lagi, aku ke kamar mandi & BAB. Puyeng & mualnya masih. Kami akhirnya balik ke rumah eyang walau Afny masih lemes & aku puyeng.

Nyampe rumah eyang kami langsung minum antangin & coba untuk tidur. Uh tapi aku bener-bener ga tahan mual & puyengnya. Akhirnya aku muntahin juga. Lumayan lega…tapi puyengnya masih. Kami berdua akhirnya bisa tidur.

Kami bangun sekitar jam 4.30 sore. Afny udah mendingan, cuma agak lemes aja. Aku udah ga ngerasa mual, tapi puyengnya masih. Puyengnya ini seakan tanah ni ga rata, kaya mau jatuh kalo mau jalan. Ternyata eh ternyata bukan cuma kami aja yang muntah-muntah & puyeng. Adik, sepupu & ponakan juga ada yang muntah & puyeng. Aku langsung curiga ini pasti gara-gara gadung soalnya itu makanan yang kami semua makan. Sempet curiga ama fanta yang kami minum. Pas dicek, masih belum kadaluarsa kok. Mungkin kombinasi gadung ama fanta, soalnya aku makan & minum itu. Ah Afny ga minum fanta tapi muntah-muntah juga. Berarti emang gadungnya. Tapi ada sepupu kami yang makan gadung & minum fanta tapi baik-baik aja tuh.

Malem itu kami makan di rumah, padahal tadinya mau kuliner malem😦 abis itu om belahin kelapa muda buat diambil airnya yang katanya bagus buat netralisir racun. Kami yang keracunan langsung minum air itu. Sebelum tidur aku & Afny juga minum Fatigon Hydro. Alhamdulillah besok paginya kami udah seger lagi. Ternyata air kelapa emang ampuh untuk menetralkan racun.

Gadung (Dioscorea hispida) emang makanan yang mengandung racun. Cara ngolahnya juga rumit, direndam pake abu gosok seharian, dijemur, direndem air, dijemur lagi supaya bisa dimakan. Istilah gadungan juga asalnya dari tanaman ini, gara2nya bentuknya mirip tanaman umbi lainnya. Tapi tanaman ini juga berjasa lho bagi kemerdekaan negara kita. Pejuang kita kadang nyamar jadi petani trus ngasih gadung rebus ke tentara belanda. Setelah tentara belanda pada mabok, baru deh dihajar. Ternyata negara ini merdeka berkat bambu runcing dan gadung🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s