Wibadah

Ritual umroh jauh lebih sederhana dibandingkan haji. Cukup dengan ihram (memakai pakaian ihram dan niat), tawaf, sa’i dan tahalul. Itu aja. Satu hari pun cukup sebenarnya. Tapi kan sayang kalau tinggal di tanah Arab cuma 1 hari, sementara  perjalanan lewat udaranya aja perlu 9 jam. Makanya travel agent biasanya bikin paket ibadah umroh plus wisata, atau aku sebut dengan wibadah, wisata (rohani dan kuliner) dan ibadah.

Ibadah

Paket umroh kami adalah paket 9 hari termasuk perjalanan, dengan tujuan Jedah, Madinah dan Mekah. Ini paket yang paling minimal. Ada juga yang sampai 14 hari, termasuk mengunjungi negara-negara lain seperti Jordania, Mesir, Turki atau Palestina. Kami menghabiskan waktu 3 hari di Madinah, 3 hari di Mekah dan 1 hari di Jedah. Di Jedah kami tidak menginap, cuma numpang lewat & belanja.

Madinah merupakan kota tempat Rasulullah menyebarkan agama Islam secara terbuka, setelah 13 tahun sebelumnya berdakwah secara sembunyi-sembunyi di Mekah. Di sana ada masjid Nabawi dan masjid Quba. Masjid Nabawi merupakan masjid yang dibangun Rasulullah di samping rumahnya yang kemudian menjadi basis dakwah Rasulullah. Sholat di masjid Nabawi akan mendapat 1000x lipat pahala dibandingkan sholat di masjid lain. Selain itu di masjid Nabawi juga terdapat tempat yang mustajab untuk berdoa, yaitu Raudah. Raudah merupakan merupakan tempat antara mimbar yang dipakai Rasulullah untuk berkhutbah dengan rumahnya (yang sekarang menjadi makam beliau).Tempat ini menjadi favorit bagi jamaah untuk melaksanakan sholat. Bagi yang ingin lama & tenang berdoa di Raudah, cobalah datang sekitar jam 2 malam. Kondisinya relatif sepi dibanding waktu lainnya.

Di sisi timur masjid Nabawi terdapat pemakaman Baqi. Utsman bin Affan, Siti Aisyah dan beberapa sahabat dimakamkan di sana. Rasulullah sering berziarah dan mendoakan para sahabat yang dimakamkan di sana. Tidak ada penanda yang bertuliskan nama para jenazah, hanya onggokan batu sebagai nisannya. Menurut keterangan salah satu petugas di sana yang ternyata orang Yogyakarta, makam di sana tidak permanen. Setelah 40 hari atau tubuh jenazah tinggal tulang, maka liangnya dapat diisi oleh jenazah lainnya.

Masjid Quba merupakan masjid yang dibangun Rasulullah saat tiba di Yatsrib (Madinah) saat hijrah dari Mekah. Sholat sunnah 2 rakaat di masjid ini akan mendapat pahala sama dengan melakukan umroh. Rasulullah bahkan setiap sabtu mengunjungi masjid ini dengan berjalan kaki atau menaiki unta dan melakukan sholat  2 rakaat.

Di Mekah, ibadah kita tentunya terpusat di Masjidil Haram di mana Kabah sebagai pusat kiblat. Shalat di Masjidil Haram pahalanya 100.000 x dibandingkan sholat di masjid lainnya. Ga heran kalo jamaahnya sangat membludak, apalagi musim liburan kaya gini. Kalau ingin sholat fardhu berjamaah di pelataran dekat kabah, coba untuk ikut masuk dalam barisan orang tawaf beberapa menit sebelum adzan. Ketika adzan, segera cari tempat sedekat mungkin dengan kabah dan berdiri di sana. Supaya tidak terseret jamaah yang masih tawaf, kaitkan tangan Anda dengan jamaah di sebelah.

Wisata

Selain memperbanyak ibadah di Masjidil Haram dan masjid Nabawi, kami juga wisata ke beberapa tempat di Madinah, Mekah dan Jeddah. Di Madinah, setelah sholat di masjid Quba kami mengunjungi Jabal Uhud. Bukit ini merupakan saksi gugurnya para syuhada dalam perang Uhud termasuk paman Rasulullah, Hamzah bin Abdul Muthalib. Para syuhada tersebut dimakamkan di dekat lokasi perang.

Setelah itu kami menuju Kebun Kurma, sebuah pusat oleh-oleh kalau di Indonesia. Di sana dijual berbagai macam oleh-oleh seperti kurma, coklat, kacang, madu, teh, parfum, dll. Asyiknya lagi kita bisa gratis mencicipi segala makanan di sana🙂 Koleksi makanannya lengkap, tapi harganya relatif lebih mahal dibandingkan toko-toko kecil di Madinah ataupun Mekah. Mungkin ini subsidi silang dari yang beli dan yang cuma ngicipin. Jadi Anda tinggal pilih,mau jadi yang beli atau yang ngicip.

Wisata kami di kota Mekah diawali dengan mendatangi Jabal Tsur, sebuah bukit tempat Rasulullah dan Abu Bakar bersembunyi dari kejaran kaum Quraisy saat Hijrah dari Mekah ke Madinah. Setelah itu kami menuju Jabal Rahmah, tempat bertemunya kembali Nabi Adam dan Siti Hawa setelah ratusan tahun berpisah sejak dikeluarkan dari surga dan diturunkan ke dunia. Jabal Rahmah sendiri artinya bukit kasih sayang. Makanya banyak pasangan yang berfoto di sini termasuk yang satu ini.

Di Jabal Rahmah banyak orang yang menawarkan jasa naik unta dan foto bersamanya. Bayar tentunya. Tapi kalau kita motret pakai kamera sendiri ya gratis. Buat yang pengen eksis, ada juga yang menyewakan spidol untuk nulis di batu Jabal Rahmah “I was here”,although it is forbidden actually.

Di Jedah tidak ada tempat bersejarah sebenarnya. Kota ini hanya sebuah kota yang telah maju. Kami diajak ke daerah pertokoan di sana. Ada toko yang namanya Ali Murah. Kalau Kebun Kurma lebih banyak jualan makanan, Ali Murah lebih banyak berjualan pakaian,parfum & aksesoris. Walaupun namanya Ali Murah, harganya ga murah juga ternyata. Di sebelahnya ada toko Gani Murah yang harganya memang lebih murah. Di dekatnya juga ada warung baso Mang Udin. Dengan 10 real kita dapet semangkok baso yang isinya 5 butir baso gede. Rasanya enak,cukup mengobati rasa kangen akan masakan nusantara.

Sebelum menuju airport King Abdul Aziz untuk pulang ke tanah air, kami sholat dhuhur di Masjid Terapung. Nothing special about this mosque actually. It just a mosque next to the beach, mirip masjid di Ternate (atau mungkin ada masjid lain di Indonesia yang mirip ini).

Tips belanja

Buat yang mau belanja gamis dan sajadah,sebaiknya beli di Madinah. Barangnya lebih bagus-bagus ketimbang di Mekah. Harga parfum juga lebih murah di Madinah. Harga parfum 100ml di Madinah cuma 5 real, sementara di Mekah 10 real. Kalau kurma, bisa dibeli di  Mekah atau Madinah tinggal pilih tempat belinya aja. Harga pernak-pernik kaya kalung, gelang, gantungan kunci ga terlalu beda antara di Mekah dan Madinah.

Selamat berwibadah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s