Setiap Saat Bagaikan Jumat

Ceramah di Indonesia seringkali menyindir tentang kondisi masjid yang besar & megah tapi minim jamaah, apalagi waktu shubuh. Seringkali hanya saat shalat jumat atau malam pertama ramadhan masjid kita akan superpenuh, selebihnya ya 2 shaf pun sudah bagus.

Tapi itu tidak terjadi di Masjidil Haram & masjid Nabawi. Setiap saat selalu penuh sesak dengan jamaah, bahkan masjid sudah ramai jauh sebelum masuk waktu sholat. Ini termasuk untuk sholat shubuh juga lho. Sekitar 2 jam sebelum waktu shubuh, jamaah mulai berdatangan. Mereka biasanya shalat malam sambil menunggu shubuh.


Gambaran sholat malam yang biasanya dilakukan di suasana tenang saat orang lain tertidur, jadi tidak sesuai. Untuk mendapatkan shaf terdepan pun susah. Saat sholat seringkali banyak orang lalu lalang di depan kita. Beberapa kali kepalaku tertendang jamaah yang lewat sampai kupluk ku lepas.

Bukan cuma tentang jamaahnya, situasi setelah sholat juga mirip setelah jumatan. Hampir setiap setelah sholat fardhu selalu dilaksanakan shalat ghaib. Kata pemandu umrohku sih setiap hari selalu ada orang yang meninggal di sini. Nah karena ga ngerti yang meninggal itu laki-laki atau perempuan, aku menggunakan ‘hum'(jamak), bukan ‘hu'(dia laki-laki) atau ‘ha'(dia perempuan) pada doa setelah takbir ketiga. Wallahua’lam…

Setelah sholat, di sekitar masjid buanyak banget orang yang jualan mulai dari pakaian, kurma, parfum, siwak sampai mainan. Tapi ga ada pedagang kaki lima yang jual makanan semacem batagor atau siomay. Dan sama kaya di Indonesia, ada juga pedagang-pedagang liar yang jualan bukan pada tempatnya. Secara rutin ada petugas ‘tramtib/satpol PP’ yang menertibkan para pedagang itu.


Dari semua kemiripan di atas,ada satu hal yang paling beda antara kondisi di sini dengan di Indonesia. Di sini,para pedagang menghentikan semua aktifitasnya beberapa saat sebelum sholat. Ini yang perlu dicontoh oleh para pedagang dan juga pembeli kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s