Hal Baik di Tempat & Waktu yang Baik

Sebagian masyarakat Indonesia mempercayai adanya hari baik yang biasanya dipakai untuk menentukan tanggal pernikahan. Rumusnya memakai kombinasi antara hari lahir kedua mempelai atau yang biasa disebut weton.

Islam juga mengenal adanya hari baik. Selain hari-hari besar seperti hari-hari di bulan ramadhan termasuk lailatul qadr, 1 muharram,  ada juga hari-hari dalam setiap minggunya yang mempunyai kelebihan dibanding hari lainnya. Hari senin merupakan hari kelahiran Rasulullah, hari kamis merupakan hari dirangkumnya catatan aktifitas kita selama seminggu oleh malaikat. Pada hari-hari tersebut kita disunnahkan untuk berpuasa, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah. Hari Jumat merupakan hari dimana nabi Adam diciptakan, dimasukkan ke dalam surga dan juga hari dikeluarkan dari surga. Pada hari itu kita juga melakukan shalat Jumat. Amalan baik pada hari-hari tersebut akan dilipatgandakan.

Selain hari baik, ada juga tempat-tempat yang memiliki kelebihan dibandingkan tempat lainnya. Masjidil Haram & masjid Nabawi adalah diantaranya. Shalat di Masjidil Haram sama dengan pahala 100.000x shalat di masjid lain, sementara shalat di masjid Nabawi akan mendapatkan 10.000x.

Selama umroh aku sering menyaksikan orang-orang melakukan hal-hal baik pada waktu & tempat-tempat tersebut. Di kedua masjid tersebut banyak terdapat galon-galon air zamzam yang biasanya ditaruh di dekat tempat sandal, tiang dan tempat quran. Gelasnya juga sudah disediakan. Di sisi kanan adalah gelas baru dan di sisi kiri adalah gelas yang sudah dipakai. Pada siang hari terkadang ada orang yang mengisi beberapa gelas kemudian berkeliling masjid untuk membagikannya. Mereka juga akan memungut gelas yang sudah dipakai walaupun sebenarnya sudah ada petugas masjid yang berkeliling untuk mengumpulkan sampah. Di sekitar kabah pada siang hari juga sering ada orang yang berdiri sambil membagikan air zamzam bagi jamaah yang sedang tawaf.


Pada hari Senin dan Kamis, menjelang waktu maghrib beberapa orang juga membagi-bagikan kurma, roti dan zamzam. Aku menyaksikan seorang kakek dibantu anak kecil yang mungkin cucunya menggelar plastik untuk alas makanan tersebut. Setelah selesai mereka akan segera merapikannya agar bisa dipakai sholat maghrib.


Aku juga pernah mengalami hal baik dari jamaah yang tidak aku kenal. Pada suatu sore waktu mengunggu maghrib di pelataran kabah, di sebelah kiriku ada orang kulit hitam & di kananku orang Turki. Waktu itu aku sedang kena flu & hidungku mampet. Saat sholat aku sering menarik napas supaya (maaf) ingusku tidak jatuh. Sroot…sroot…sroot…sepertinya itu mengganggu jamaah di sebelahku. Setelah salam kontan keduanya memberiku tisu, bahkan jamaah di sebelah kananku yang awalnya hanya memberi selembar tisu akhirnya menberikan satu bungkus tisunya.


Waktu S2 di Malaysia, aku juga merasakan masyarakat Malaysia juga terbiasa dengan hari-hari baik tersebut, terutama hari Jumat. Beberapa student yang aku ajar terkadang menggunakan alasan hari Jumat sebagai hari baik untuk meminta nilai lebih atas hasil ujiannya. “Ayolah sir,ini kan hari baik. Bagilah nilai lebih”. Aku pun memanfaatkan hal ini. Supervisorku adalah orang melayu. Beliau terkenal sebagai supervisor yang ‘killer’. Standarnya tinggi dan sering marah kalau student bimbingannya tidak memenuhi itu. Awalnya aku sering menghadap beliau setiap Senin sore untuk melaporkan progress seminggu terakhir. Wah bawaannya marah-marah terus. Bener juga kata orang “I hate Monday”. Akhirnya aku memutuskan untuk menghadap tiap Jumat pagi. Selain hari baik,pagi hari biasanya mood orang masih bagus. Dan taktikku berhasil. Aku tidak pernah lagi dimarahi kalau menghadap supervisorku hari Jumat😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s